WhatsApp Disusupi Aplikasi Jahat Tema Baru Berwarna Pink

//oackoubs.com/4/4243077

JURNALHITZ – Masyarakat diminta waspada terhadap kejahatan siber yang saat ini tengah beredar luas di aplikasi WhatsApp. Para pengguna aplikasi WhatsApp diminta jangan terkecoh degan tautan yang mengklaim WhatsApp punya tema baru berwarna pink.

Layaknya informasi lainnya, tautan palsu ini tersebar luas melalui berbagai obrolan grup. Tidak hanya mengiming-imingi tema baru, tautan juga menjanjikan fitur-fitur baru di WhatsApp.

Tautan yang dibagikan tersebut mengklaim resmi berasal dari WA. Tentu jangan sampai terkecoh dan sembarang mengklik tautan yang tersebar di media sosial atau aplikasi perpesanan serupa.

Jika diklik, tautan tersebut bisa meretas dan membuat pengguna kehilangan akun WhatsApp mereka. Berdasarkan laporan, sejumlah pengguna WA telah membagikannya tersebut tanpa tahu bahwa tautan ini berbahaya.

Menurut Direktur Perusahaan Keamanan Siber, Voyager Infosec Jiten Jain Melansir dari Mint, Senin (19/4/2021), pengguna sangat tidak disarankan menginstal APK atau aplikasi mobile apa pun selain dari sumber toko aplikasi resmi seperti Google atau Apple.

“Aplikasi jahat semacam ini bisa digunakan untuk mengambil alih smartphone dan mencuri data pribadi seperti foto, SMS, daftar kontak, dan lain-lain,” terangnya.

Menyamar sebagai pembaruan atau update, WhatsApp Pink memberikan opsi tema berwarna pink hingga beberapa fitur yang dijanjikan. Orang yang langsung percaya dan klik link yang terdapat di pesan viral tersebut bakal kehilangan akunnya.

Benar sekali, akun WhatsApp Anda bakal diretas oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Berbahaya bukan?

Mengutip dari akun Twitter (@rajaharia) seorang peneliti keamanan internet, ia menjelaskan bahwa virus WA Pink tersebar di grup dengan menayntumkan link download. Ia juga menyerukan supaya jangan klik link apapun yang berhubungan dengan WhatsApp Pink.

Apabila terlanjur klik link yang berhubungan dengan WhatsApp Pink, akses lengkap ke HP/smartphone Anda akan hilang.

Satu-satunya cara supaya terhindar dari virus tersebut adalah jangan klik link dari pesan viral tersebut apabila Anda mendapatkannya. Namun, apabila terlanjur, adapun beberapa langkah yang bisa Anda ikuti.

Twitter (@rajaharia) membagikan tips supaya tetap aman dari virus WhatsApp Pink, berikut caranya:

  1. Hapus atau uninstall WA Pink segera.
  2. Unlink atau putuskan WA Web dari seluruh perangkat yang pernah terhubung.
  3. Hapus browser cache dari pengaturan.
  4. Cek permission atau perizinan semua aplikasi.
  5. Apabila menemukan perizinan yang janggal atau mencurigakan, revoke atau cabut segera.

Demikian beberapa hal yang bisa kami bagikan mengenai pesan viral WA Pink yang ternyata merupakan virus berbahaya. Sekali lagi kami ingatkan supaya Anda jangan sampai terlena dengan pesan viral pembaruan WhatsApp bertema Pink.

Apabila mendapatkan pesan tersebut, sekali lagi untuk tidak sekali-kali klik link tersebut supaya akun WA Anda tidak dibajak.

Sumber: Okz/Kontan

SBN

Tentang Penulis /

Setiap berita yang dimuat di media online JURNALHITZ DOT ID selalu dilekati link eksternal di bagian akhir artikel sebagai sumber berita. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI

Ketik dan tekan enter untuk mencari

Klik izinkan notifikasi untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Abaikan
Izinkan Notifikasi