Masih Ingat Anggota TNI Lumpuh Akibat Disengat Tawon? Begini Kabar Terbarunya

JURNALHITZ – Masih ingat dengan sosok anggota TNI Kopka Ade Casmita (47) yang kini tak mampu lagi menjalani aktivitas karena lumpuh usai disengat tawon, pasalnya demi melaksanakan tugas sebagai prajurit Tentara Nasional Angkatan Darat (TNI-AD) kopka Ade kini harus terduduk di kursi roda alias lumpuh akibat disengat  tawon.

Dibalik kejadian itu ternyata muncul secercah harapan bagi kopka Ade Ia menjadi salah satu prajurit yang mendapatkan perhatian khusus dari Kasad Jendera Andika Perkasa beserta seluruh jajaran RSPAD Gatot Soebroto, mereka berupaya  semaksimal mungkin untuk memulihkan kondisi Kopka Ade seperti sedia kala.

Terbaring Sakit Selama 4 Tahun

Sejatinya Kopka Ade, merupakan sosok prajurit tangguh yang dulunya terbilang sangat diandalkan oleh rekan-rekannya dalam bidang kelistrikan, komunikasi, dan perhubungan. Namun nahas, akibat sebuah insiden yang tak terduga saat bertugas, membuat Ade harus mengalami kelumpuhan karena stroke.

BACA JUGA: Kisah Haru Prajurit TNI Batalyon Rocket Lumpuh Gegara Disengat Serangga

Kolonel Arm Anang Krisna langsung mendatangi Kopka Ade yang tengah terduduk di kursi roda. Kala itu, ia terus menangis sembari berusaha berbicara dengan terbata-bata.

“Enggak apa-apa, teman-teman masih ada di sini masih ingat sama Ade Casmita kebanggaannya Armed 10 Kostrad,” kata Anang mencoba menenangkan Kopka Ade.

Terkena Stroke Usai Disengat Tawon

Kejadian bermula sekitar 4 tahun lalu saat ia mengawal latihan prajurit Artileri Medan (kesatuan bantuan tempur) di Ambal, Kebumen, Jawa Tengah. Kala itu, Ade sedang memanjat sebuah tower dengan ketinggian 70 meter untuk memasang repeater.

Setelah itu, ia diserang oleh 8 ekor lebah di berbagai bagian tubuh termasuk kepalanya. Setelah mengalami insiden diserang segerombolan lebah beruntung Kopka Ade  tidak terjatuh dari ketinggian tower, Kopka Ade mengaku jika awalnya ia hanya merasa pusing dan tetap melanjutkan aktivitasnya. Namun, beberapa hari setelah itu ia tiba-tiba mendapati tubuhnya tak bisa bergerak ketika bangun tidur.

Kopka Ade Dirawat Intensif

Kondisi Kopka Ade mendapatkan perhatian dari jajaran petinggi TNI AD. Sesuai arahan dari Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kopka Ade diketahui mulai mendapatkan perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto. Sebelumnya, Kopka Ade dijemput langsung oleh ambulans beserta tim medis, Rabu (10/3).

“Rabu 10 Maret 2021, ambulans RSPAD dan tim medis sampai di kediaman Kopka Ade di Subang, Jawa Barat,” dikutip dari akun Instagram resmi TNI AD.

Perencanaan Program Pengobatan

Kepala RSPAD, Letjen TNI Budi Sulistya mengungkapkan, ia beserta tim bakal menggarap beberapa program pengobatan bagi Kopka Ade. Setelah mendapatkan gambaran mengenai kondisi Kopka Ade melalui hasil pemeriksaan awal, Budi lantas berdiskusi dengan dokter spesialis saraf, fisiologi, dan rehabilitasi untuk merencanakan tahap berikutnya.

“Kita sudah melihat presentasi kasusnya pada pasien ini saya minta saran, bagaimana rencana atau tata rencana pada pasien ini yang terbaik,” ujar Budi.

Perasaan Haru

Ungkapan haru, bangga, dan bahagia nampak bercampur aduk di benak Kopka Ade dan istri. Usai penantian selama empat tahun, kini Kopka Ade bakal menjalani perawatan intensif agar dapat kembali mengabdi kepada bangsa dan negara. Istri dan Kopka Ade tak henti mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait.

“Perasaan saya ya bangga,  bahagia senang bercampur aduk saat mengetahui bapak bisa ditindaklanjuti lagi pengobatannya. Semoga ke depannya bapak bisa pulih lagi, bisa beraktivitas lagi seperti semula, biar bisa kumpul bersama teman-temannya, bisa berdinas lagi,” ujar istri Kopka Ade, Rita Juwita.

“Saya ucapkan terima kasih kepada bapak Kasad beserta ibu, bapak Pangdam, bapak Dandim, bapak Danrem saya ucapkan terima kasih banyak, saya sudah dibawa ke RSPAD untuk diobati supaya saya cepat sembuh dan pulih seperti sedia kala,” ujar Kopka Ade Casmita.

Sumber: Merdeka

SBN

Tentang Penulis /

Asisten Editor di Meja Editorial Jurnalhitz. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI

Ketik dan tekan enter untuk mencari

Klik izinkan notifikasi untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Abaikan
Izinkan Notifikasi