Habis Kesabaran, TNI Terjunkan Pasukan Berlambang Kalajengking ke Papua

JURNALHITZ – Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali akan segera menerjunkan pasukan Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad, pasukan berlambang kalajengking ini diterjunkan untuk memburu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang semakin berani kembali berulah di Papua.

Dilansir dari laman resmi Divisi Infanteri 2 Kostrad, Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto, meninjau latihan siap Pratugas Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Jumat (12/3/2021).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengecek secara langsung kesiapan dan kesiapsiagaan prajurit Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad yang akan mengemban tugas operasi Satgas Pamtas Mobile di wilayah Papua.

Latihan siap pratugas ini dilaksanakan selama 14 hari guna menyiapkan dan memberi pembekalan kepada seluruh prajurit.

Pada kesempatan itu, Pangdivif 2 Kostrad memberikan pengarahan dan penekanan kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas).

“Dengan adanya latihan siap Pratugas ini kita dapat mengukur sejauh mana kesiapan dalam melaksanakan tugas nantinya dalam menghadapi tugas operasi di wilayah Papua,” kata Mayjen TNI Tri Yuniarto yang dikutip pada Minggu (14/3/2021).

“Latihan siap Pratugas ini, di samping untuk meningkatkan kemampuan prajurit khususnya kemampuan pertempuran, juga untuk mengetahui sejauh mana kesiapan prajurit untuk melaksanakan tugas sebagai Satgas Pamtas Mobile di wilayah Papua.”

Melansir dari Wikipedia, Batalyon Infanteri Mekanis 412/Bharata Eka Shakti sebelumnya dikenal juga sebagai Yonif 412/Raider atau Yonif 412/Bharata Eka Shakti.

Yonif Mekanis Raider 412 adalah salah satu Batalyon Infanteri di jajaran Brigade Infanteri Mekanis 6/Trisakti Baladaya, Divisi Infanteri 2/Kostrad.

Pasukan ini bermarkas di Purworejo, Jawa Tengah. Dari awal dibentuknya sampai sekarang banyak mengalami proses perubahan.

Saat ini yonif mekanis 412 Pasukan berlambang Kalajengking Hitam tersebut akan menjalankan misinya sebagai Satgas Pamtas Mobile di wilayah Papua. dilengkapi kendaraan lapis baja M113.

Cikal bakal terbentuknya Yonif 412/Raider Kostrad bermula dari Batalyon Roi 1 “451” Yonif 13 yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Panglima Tertinggi – VII/Dip nomor KPTS/58/7/1959 tanggal 15 Juli 1959.

Lalu diresmikan pada tanggal 1 Agustus 1959 oleh Pangdam VII/Diponegoro Kolonel Inf Soeharto bertempat di alun-alun Purworejo.

Telah diberitakan sebelumnya bahwa anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berani menyandera pilot serta tiga penumpang pesawar Susi Air-BVY selama 2 jam pada Jumat (12/3/2021).

Mereka disandera saat mendarat di sebuah lapangan terbang di Distrik Wangbe, Kabupaten Puncak, Papua.

Namun, penyanderaan ini berlangsung singkat karena tak lama kemudian KKB Papua melepaskan mereka.

Aparat keamanan TNI-Polri kini tengah memburu KKB Papua yang menjadi pelaku aksi penyanderaan tersebut.

Sumber: Kompas

SBN

Tentang Penulis /

Asisten Editor di Meja Editorial Jurnalhitz. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI

Ketik dan tekan enter untuk mencari

Klik izinkan notifikasi untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Abaikan
Izinkan Notifikasi