Ini Tanggapan Kapolda Papua Antisipasi Ancaman Terror KKB ke TNI-Polri

JURNALHITZ – Konflik antara Kelompok Kriminal Bersenjata dengan TNI-Polri seakan tak berujung, mereka (KKB) kembali mengancam TNI-Polri, Namun hal tersebut mendapati tanggapan oleh Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw beliau mengatakan tak akan segan-segan memberikan tindakan tegas terukur kepada komplotan separatis itu.

Dengan melakukan koordinasi bersama TNI dan satuan tugas lainnya Irjen Pol Paulus Waterpauw menghimbau Anggota untuk selalu siap siaga dalam mengamankan daerah-daerah yang rawan dari ancaman KKB, termasuk Kabupaten Intan Jaya.

“Kendaraan operasional saat ini sudah berada di Sugapa (Intan Jaya) dan diharapkan dapat memudahkan kegiatan anggota dalam melaksanakan tugasnya,” kata Kapolda Waterpauw di Kota Jayapura, Papua, Selasa (16/2/2021).

Personel TNI-Polri tentu selalu siap dan siaga dengan aksi teror dan ancaman dari KKB. Mereka pun siap meladeni tantangan kelompok tersebut, asalkan mereka tidak melibatkan warga sipil.

“TNI-Polri siap namun apakah nantinya KKB bisa dipastikan tidak melibatkan warga sipil?” ujarnya.

Sebelumnya Organisasi Papua Merdeka (OPM) menyebut kelompoknya akan semakin gencar menyerang personel TNI-Polri. Mereka menuntut agar Pemerintah Indonesia bersedia berunding untuk mencari jalan keluar.

Juru bicara TPNPB OPM, Sebby Sembom mengatakan, eskalasi pertempuran yang terjadi ke depannya akan terus meningkat. Bila pemerintah enggan berunding.

“Perang pembebasan nasional yang dilakukan oleh pasukan TPNPB (kelompok kriminal bersenjata) tidak akan berhenti. Ini semua akan terus kami lakukan,” kata Sebby.

Namun perundingan tersebut, kata dia, bukan dialog khusus hanya dengan Pemerintah Indonesia. Melainkan dimediasi PBB. Jika hal ini tak direalisasikan, pasukannya akan terus melakukan penyerangan terhadap TNI-Polri.

Sumber : Inews

SBN

Tentang Penulis /

Asisten Editor di Meja Editorial Jurnalhitz. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI

Ketik dan tekan enter untuk mencari

Klik izinkan notifikasi untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Abaikan
Izinkan Notifikasi