Mantap! Gak Perlu Macet-macetan Lagi, Cengkareng ke Pamulang Nanti Bisa Lewat Jalan Tol

//oackoubs.com/4/4243077

JURNALHITZ – Mengenai perkembangan pembangunan konstruksi fisik Jalan Tol Cengkareng-Kunciran Via Batuceper kini sudah memasuki tahap  proses akhir , sebentar lagi masyarakat sudah bisa mengakses Jalan Tol tersebut.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur mengungkapkan,  nanti bulan April 2021, konstruksi fisik jalan bebas hambatan berbayar sepanjang 14,19 kilometer tersebut akan tuntas.

“Saat ini, per 10 Februari 2021, progres konstruksi sudah mencapai angka 92,77 persen atau hanya mesyisakan 7,23 persen,” kata Subakti kepada Kompas.com, Kamis (11/02/2021).

Sementara perkembangan pengadaan tanah sudah pada level 97,59 persen termasuk tanah sisa, atau 93,17 persen tanpa tanah sisa.

“Kami targetkan konstruksi  pembangunan tol ini akan selesai nanti di bulan April,” imbuh Subakti.

Dalam membangun jalan tol ini, PT Jasa Marga (Persero) Tbk membentuk usaha konsorsium PT Jasamarga Cengkareng Kunciran, bersama CMS Works International Limited, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Nindya Karya (Persero) dan PT Istaka Karya (Persero).

Jalan Tol Cengkareng-Kunciran nantinya akan tersambung dengan  Tol Serpong-Cinere Seksi I Serpong-Pamulang yang akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada April 2021.

Selain itu, Tol Cengkareng-Kunciran juga sudah dirancang terhubung dengan  Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu.

Untuk diketahui, Jalan Cengkareng-Batuceper-Kunciran merupakan salah satu dari enam ruas  Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II atau JORR 2.

Selain  itu Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran, terdapat Tol Kunciran-Serpong sepanjang 11,4 kilomter, dan Tol Serpong-Cinere sepanjang 10,14 kilometer.

Lalu, Tol Cinere-Jagorawi sepanjang 14,64 kilometer, Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 25,39 kilometer, serta Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 34,02 kilometer.

Jalan Tol Cengkareng-Kunciran sendiri terbagi dalam empat seksi. Rinciannya, Seksi I (Kunciran–Tirtayasa) sepanjang 2,04 kilometer.

Kemudian, Seksi II (Tirtayasa-Benteng Betawi) sepanjang 3,52 kilometer, Seksi III (Benteng Betawi–H.Sastranegara) sepanjang 6,57 kilometer, dan Seksi IV (H.Sastranegara–SS Benda) sepanjang 2,06 kilometer. Adanya tol ini diharapkan menjadi akses tol alternatif saat menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan wilayah sekitarnya.

Sumber : Kompas

 

 

SBN

Tentang Penulis /

Setiap berita yang dimuat di media online JURNALHITZ DOT ID selalu dilekati link eksternal di bagian akhir artikel sebagai sumber berita. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI

Ketik dan tekan enter untuk mencari

Klik izinkan notifikasi untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Abaikan
Izinkan Notifikasi