Yuk Daftar, Berikut Jadwal Serta Formasi Seleksi CPNS Tahun 2021

JURNALHITZ – Mengawali tahun 2021 Pemerintah melalui kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PAN RB) kembali membuka pelaksaan seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Dikutip dari Kompas.com, Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kemen-PAN RB Andi Rahardian mengatakan, pihak Kemen-PAN RB saat ini masih dalam tahap validasi proses penerimaan CPNS/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK).

Dituturkannya, proses rekrutmen CPNS 2021, diperkirakan dimulai pada pertengahan Maret 2021.

”Diperkirakan pertengahan bulan Maret 2021 akan ada pengumuman lebih lanjut mengenai proses penerimaan CPNS/PPPK formasi tahun 2021,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (10/2/2021).

Andi menambahkan, pihaknya juga memperkirakan ada sebanyak 500.000 formasi untuk rekrutmen guru PPPK.

Adapun formasi tersebut nantinya tersebar di lebih dari 420 pemerintah provinsi/pemerintah kabupaten/pemerintah kota di Indonesia.

Pendaftaran CPNS 2021

Sebelumnya, pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang SDM Aparatur Kemen-PAN RB Teguh Widjinarko mengatakan, pendaftaran seleksi CPNS tahun ini bergantung pada selesainya pertimbangan teknis dari Kementerian Keuangan dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Sementara itu, berdasarkan draf progres usulan formasi ASN dan rencana rekrutmen CPNS 2021 yang diterima, awalnya perpanjangan usulan formasi tahun 2021 diperpanjang hingga akhir Mei 2021.

Sebelumnya, usulan formasi CPNS 2021 dilaksanakan pada Maret 2021.

Teguh menjelaskan, CPNS formasi 2021 dan instansi mana saja yang membuka peluang saat ini masih mengolah data.

”Paling cepat akan diumumkan pada akhir Maret 2021,” ujar Teguh.

Usulan Formasi

Di sisi lain, jumlah total usulan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil 2021 yang masuk untuk instansi pusat sebanyak 113.172 formasi, dan pemerintah daerah sebanyak 438.170 formasi.

Sedangkan khusus untuk Pejabat Pembina Kepegawaian jabatan guru, sesuai dengan kesepakatan beberapa menteri, seperti Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri PANRB, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), akan melakukan rekrutmen mulai 2021 dengan jumlah 1 juta formasi.

Adapun pengajuan usulan formasi guru PPPK ini akan diperpanjang sampai 31 Desember 2021.

Lebih lanjut, pemerintah membuka tiga jenis formasi dalam rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil dan PPPK, yakni:

  • Profesi guru
  • Tenaga kesehatan
  • Tenaga teknis lain seperti teknologi informasi dan komunikasi, infrastruktur permukiman dan sanitasi, transportasi, energi, dan air bersih.

Sumber : Goriau

 

SBN

Tentang Penulis /

Asisten Editor di Meja Editorial Jurnalhitz. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI

Ketik dan tekan enter untuk mencari

Klik izinkan notifikasi untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Abaikan
Izinkan Notifikasi