Kalahkan Institusi Presiden Sampai Polri, Melalui Survei : Institusi TNI Paling Tertinggi

//oackoubs.com/4/4243077

JURNALHITZ – Institusi TNI menurut temuan lembaga survei indikator politik Indonesia ditempatkan pada posisi paling dipercayai publik dengan torehan  presentase mencapai 89,9% dengan kepercayaan publik kepada Institusi TNI ini sampai-sampai mengalahkan institusi Presiden yang hanya meraup 82%.

Temuan ini berdasarkan survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia pada 1-3 Februari 2021 dengan menggunakan metode simple random sampling.

Adapun responden sebanyak 1.200. Survei ini dilakukan dengan menggunakan kontak telpon.

Dari keseluruhan responden, temuan ini memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Temuan ini telah dipublikasikan Indikator Politik Indonesia pada Senin (8/2/2021).

Berikut urutan institusi paling dipercayai publik:

1.TNI: 89,9 persen

2.Presiden: 82 persen

3.Gubernur: 80 persen

4. KPK 73,2 persen

5.Polri: 74,4 persen

6.Kejaksaan: 71,3 persen

7.DPD: 55,7 persen

8.DPR: 52,6 persen

9.Partai Politik: 47,8 persen

Dalam survei yang sama, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi juga menyebut kepuasaan publik terhadap Presiden Joko Widodo menurun.

Menurut Burhanuddin, penurunan angka kepuasan publik berada di titik paling rendah sejak 2016.

“Ini titik terendah tingkat kepuasan pada Pak Jokowi, bahkan sejak Juni 2016,” ujar Burhanuddin, dalam diskusi daring yang digelar IPI, Senin (8/2/2021).

Burhanuddin menuturkan, persentase kepuasan publik turun jika dibandingkan pada September 2020 lalu yang mencapai 68,9 persen.

Penurunan tersebut menurut Burhanuddin tidak signifikan, namun menjadi alarm untuk Presiden Jokowi.

“Tren ini kalau tidak diantisipasi oleh Presiden bisa alarming (mengganggu), karena sebagian pendukung loyalnya sudah bergeser,” papar Burhanuddin.

Kemudian, survei IPI juga menunjukkan angka ketidakpuasan publik pada kinerja Presiden Joko Widodo meningkat dalam setahun terakhir.

Survei IPI pada Februari 2020 hingga Februari 2021, angka ketidakpuasan pada Presiden Jokowi naik dari 28 persen menjadi 35,6 persen.

“Orang puas dan tidak puas ditentukan oleh pilihan di 2019. Pendukung Pak Jokowi cenderung puas pada kinerja presiden, pendukung Prabowo cenderung tidak puas. Meskipun Pak Prabowo sekarang sudah menjadi bagian dari pemerintah,” tuturnya.

Sumber : Kompas

SBN

Tentang Penulis /

Setiap berita yang dimuat di media online JURNALHITZ DOT ID selalu dilekati link eksternal di bagian akhir artikel sebagai sumber berita. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI

Ketik dan tekan enter untuk mencari

Klik izinkan notifikasi untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Abaikan
Izinkan Notifikasi