Jelang Libur Imlek, Anies Ingatkan Warga Tetap Dirumah Wanti-wanti Lonjakan Kasus Covid-19

JURNALHITZ – Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek tahun 2021 Gurbernur Anies Baswedan meminta agar masyarakat DKI Jakarta agar berdiam diri di rumah mengingat lonjakan pada kasus Covid-19 yang terus terjadi pasca libur panjang berlangsung.

“Beberapa hari ini kita akan ada libur panjang kita mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk memanfaatkan libur ini bersama keluarga di rumah,” kata Anies dalam keterangan suara, Rabu (10/2/2021).

Anies menjelaskan, setiap orang diminta hanya beraktivitas keluar rumah di masa libur Imlek untuk keperluan mendesak saja.

“Bila tidak mendasar tidak mendesak maka kurangi bepergian apalagi bepergian keluar kota yang berada di dalam kendaraan selama beberapa jam,” kata Anies.

Anies mengatakan, belajar dari kasus-kasus sebelumnya, banyak klaster keluarga yang disebabkan oleh acara keluar kota saat libur panjang berlangsung.

Jika ada satu dari anggota keluarga yang berstatus positif Covid-19 tanpa gejala, dan berjam-jam bersama di sebuah mobil, maka akan muncul satu klaster keluarga baru.

“Dia punya potensi menularkan kepada anggota keluarga lain yang bersama-sama di dalam perjalanan itu, Itulah yang menyebabkan Mengapa setiap kali Habis libur panjang di Jakarta kita selalu menyaksikan lonjakan kasus aktif,” kata Anies.

Anies berharap, kasus aktif Covid-19 tidak akan melonjak dalam libur panjang yang dimulai 12 Februari sampai dengan 14 Februari 2021.

Adapun update terkini 10 Februari 2021, angka kumulatif kasus Covid-19 di DKI Jakarta tercatat sebanyak 303.715 kasus.

Dari kasus tersebut, 274.817 pasien sudah dinyatakan sembuh, 24.173 dalam perawatan atau isolasi, dan 4.725 pasien dinyatakan meninggal dunia.

Adapun update terkini 10 Februari 2021, angka kumulatif kasus Covid-19 di DKI Jakarta tercatat sebanyak 303.715 kasus. Dari kasus tersebut, 274.817 pasien sudah dinyatakan sembuh, 24.173 dalam perawatan atau isolasi, dan 4.725 pasien dinyatakan meninggal dunia.

Sumber : Kompas

SBN

Tentang Penulis /

Asisten Editor di Meja Editorial Jurnalhitz. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI

Ketik dan tekan enter untuk mencari

Klik izinkan notifikasi untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Abaikan
Izinkan Notifikasi