Warga dan Prajurit TNI Temukan Munisi Sisa Konfrontasi RI-Malaysia di Hutan

JURNALHITZ – Telah ditemukan oleh prajurit TNI bersama Warga munisi jenis kaliber 7,61 mm, munisi sisa ini menjadi bukti nyata konfrontasi antara RI-Malaysia pada tahun 1965, total peluru  atau munisi yang diamankan berjumblah 1.201 butir.

Diketahui peluru itu pun masih aktif. Atas penemuan tersebut, Satgas Pamtas Yonarhanud 16/SBC langsung bergerak melakukan penyisiran di sekitar lokasi. Penasaran dengan peluru atau munisi peninggalan konfrontasi RI-Malaysia yang ditemukan oleh prajurit TNI?

Melansir dari akun Instagram tnilovers18, Senin (8/2), berikut ulasannya:

Warga & TNI Temukan Peluru

Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarhanud 16/SBC/3 Kostrad Pos Lumbis menemukan munisi berkaliber 7,62 mm. Penemuan ini berawal saat sekelompok warga Desa Tau Lumbis Frangki, Boy, dan Igo tengah menggali tanah untuk memasang jerat babi hutan.

Saat penggalian telah mencapai kedalaman sekitar 40 cm, terlihat ada 10 butir munisi aktif. Munisi atau peluru ini ditemukan di hutan Desa Lumbis, Kecamatan Lumbis Hulu, Kabupaten Nunukan pada Sabtu (6/2).

Berdasarkan laporan dari warga tersebut, anggota Pos Lumbis yang dipimpin oleh Danpos Letda Arh Sutrisno Sitakar langsung bergegas menuju lokasi penemuan.

RI-Malaysia

(Foto: Instagram @tnilovers18 )

Pelapor dan dibantu oleh 6 anggota TNI lantas mencoba menggali kembali di lokasi penemuan. Siapa sangka, mereka kembali menemukan sekitar 1.191 munisi atau peluru aktif yang langsung diamankan ke Pos Lumbis.

Peninggalan Konfrontasi RI-Malaysia

Penemuan ini juga disampaikan oleh Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonarhanud 16/SBC Mayor Arh Drian Priyambodo, dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Jalan Fatahilah, Kecamatan Nunukan Tengah, Kabupaten Nunukan.

About Author /

Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI

Start typing and press Enter to search

Jurnalhitzteria Klik izinkan notifikasi untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications