Berikut Manfaat Positif Mendengarkan Musik untuk Kesehatan

JURNALHITZ – Saat sedang melakukan aktifitas sehari-hari terkadang membuat mood kita berubah-ubah ternyata mendengarkan musik sambil bekerja memililki banyak manfaat positif untuk tubuh kita lho, adapun banyak manfaat penelitian tentang musik bagi kesehatan fisik dan mental berikut manfaat musik bagi kesehatan dikutip dari Wellnesstoday.

1. Dongkrak Imunitas

Penelitian menunjukkan antibodi meningkat setelah subyek penelitian mendengarkan 50 menit musik dance. Hal ini diperkirakan karena kemampuan musik menurunkan hormon stres terutama kortisol. Stres memang menekan fungsi imun.

2. Atasi Kecemasan dan Depresi

Peneliti menemukan bahwa ibu hamil yang mendengarkan musik yang rileks, mengalami penurunan kecemasan, depresi, maupun penurunan stres. Studi lain menemukan musik kladik dan musik meditasi dapat mendukung kesehatan. Sedangkan musik heavy metal dan tekno justru menurunkan kulitas hidup.

3. Tingkatkan Performa Atlet

Musik yang Anda dengarkan ketika berolahraga bukan hanya berfungsi menemani aktivitas yang tengah dijalankan. Pemilihan musik ternyata dapat mempengaruhi daya tahan dan mendorong Anda bergerak lebih aktif. Bahkan, ada baiknya Anda memilih musik yang berbeda untuk pemanasan, latihan inti, dan pendinginan. Jika ingin berlari jauh, pilih musik yang menginspirasi, membuat fokus sehingga Anda bisa berolahraga lebih lama. Namun jika ingin berlatih kekuatan, pilih musik dengan beat yang cepat. Sebab musik dengan tempo tinggi akan menghasilkan daya tahan olahraga. Sedangkan musik dengan tempo lambat, juga akan memperlambat daya tahan (endurance) atau kecepatan.

4. Mengatur Mood

Pernahkah Anda merasa adrenalin terpicu ketika mendengarkan musik tekno? Atau di lain waktu tubuh terasa tenang ketika mendengarkan musik jazz yang lembut. Ya, saraf kita dipengaruhi oleh musik. Musik yang kencang secara umum meningkatkan detak jantung. Sementara musik yang lembut menenangkan tubuh dan pikiran. Musik mempengaruhi emosi, menstimulasi kesadaran diri, dan membuat kita teringat masa lalu. Musik memiliki kemampuan untuk menurunkan atau menaikkan mood.

5. Mengobati Nyeri

Musik bisa menjadi media yang luar biasa dalam urusan manajemen nyeri. Terutama mereka yang tengah mendapatlan pelayanan paliatif atau geriatri. Terapi musik bisa meredakan gejala nyeri dan emosi lain yang berhubungan dengan nyeri. Penelitian menunjukkan, musik klasik bisa menurunkan rasa sakit penderita osteoarhritis.

6. Meningkatkan Fokus Mental

Penelitian menunjukkan pelajar yang sedang ujian, mendapatkan hasil jawaban yang benar lebih banyak ketika mereka diperdengarkan musik selama ujian. Maka itu cobalah mainkan lagu yang berbeda jika ingin mencoba fokus, sampai menemukan tipe musik apa yang bisa membakar produktivitas Anda lebih.

7. Usir Stres

Musik menurunkan hormon kortisol yang dikenal sebagai hormon stres. Tingkat kortisol yang tinggi bisa berpengaruh buruk pada kesehatan. Dengan menurunkan level kortisol dan merubah emosi, musik membantu tubuh rileks.

8. Tidur Lebih Nyenyak

Musik bisa memiliki dampak besar bagi sistem saraf yang memicu fungsi istirahat dan kerja pencernaan. Penelitian menemukan, pelajar yang mendengarkan musik klasik mengalami lebih sedikit gangguan tidur dan gejala insomnia. Karena musik dapat menurunkan kecemasan dan stres yang mana keduanya berkontribusi pada kualitas tidur. Maka tak heran musik berpengaruh terhadap kualitas tidur.

Sumber : SindoNews

SBN

Tentang Penulis /

Asisten Editor di Meja Editorial Jurnalhitz. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI

Ketik dan tekan enter untuk mencari

Klik izinkan notifikasi untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Abaikan
Izinkan Notifikasi