Telegram Luncurkan Fitur Baru, Begini Cara Pindahkan Pesan Whatsapp ke Telegram

JURNALHITZ – Seusai keluarnya kebijakan baru dari whatsapp banyak pengguna whatsapp yang beralih menggunakan aplikasi platform kirim pesan salah satu alternatifnya adalah sasaran terbesar pengguna yaitu telegram.

Namun, tak sedikit pengguna WhatsApp yang menunda kepindahannya ke Telegram karena takut riwayat percakapannya di WhatsApp akan hilang.

Oleh karena itulah Telegram membuat fitur baru yang memungkinkan penggunanya dapat memindahkan riwayat percakapan dari aplikasi pesan instan lain, termasuk WhatsApp.

Melalui blog resminya, Telegram mengatakan bahwa fitur baru ini sudah bisa digunakan oleh pengguna Android maupun iOS. Dengan fitur ini, pengguna WhatsApp bisa memindahkan isi percakapan mereka baik chat individu maupun grup.

“Mulai hari ini, semua orang dapat memindahkan riwayat obrolan mereka, termasuk video dan dokumen, ke Telegram dari aplikasi lain seperti WhatsApp, Line, dan KakaoTalk,” tulis Telegram.

Untuk memindahkan isi chat dari WhatsApp ke Telegram, pengguna cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Untuk pengguna Android, pertama-tama, buka chat di WhatsApp yang ingin dipindahkan ke Telegram. Kemudian tekan tombol tiga titik yang ada di pojok kanan atas.

Kemudian, pilih “More” dalam menu pengaturan pesan, lalu klik “Export Chat” seperti di bawah ini.

Telegram

Telegram

 

Setelah itu, pilih aplikasi Telegram dalam menu “Share”. Setelah masuk ke dalam aplikasi Telegram, pilih kontak yang sesuai. Secara otomatis, semua riwayat dan isi percakapan chat di WhatsApp akan dipindahkan ke Telegram.

Sementara untuk pengguna iOS, caranya juga serupa. Bedanya, untuk mengakses menu “export” di WhatsApp, pengguna harus masuk ke halaman info atau profil chat yang bersangkutan.

Setelah itu, langkah yang dilakukan sama seperti memindahkan chat WhatsApp di Android. KompasTekno pun mencoba fitur ini dan memang sudah dapat digunakan.

Dirangkum KompasTekno dari Blog Telegram, Jumat (29/1/2021), setelah berhasil dipindahkan, riwayat obrolan yang telah diimpor akan diberi label khusus berupa keterangan “imported”, sebagai penanda bahwa pesan tersebut berasal dari layanan yang berbeda.

Sumber : Kompas.com

About Author /

Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI

Start typing and press Enter to search

Jurnalhitzteria Klik izinkan notifikasi untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications