WHO Nobatkan Madinah Sebagai Kota Tersehat Dunia

JURNALHITZ – Organisasi kesehatan dunia (WHO) nobatkan kota Madinah di Arab Saudi menjadi salah satu kota tersehat di dunia.

Kota suci itu memperoleh akreditasi setelah tim WHO berkunjung dan menyatakan bahwa Madinah memenuhi semua standar global yang diperlukan untuk menjadi kota yang sehat. Kota Madinah dengan populasi lebih dari 2 juta, telah memenuhi standar program kota sehat yang dirilis WHO.

Tim WHO menegaskan bahwa Madinah telah mencapai semua kriteria, dengan cara yang inovatif, dengan adanya inisiatif tertentu yang dapat direplikasi, di kota-kota lain di dalam Kerajaan Arab Saud maupun luar negeri.

Dilansir ArabNews, Minggu, 24 Januari 2021, sebanyak 22 badan pemerintah, komunitas, amal dan relawan telah membantu mempersiapkan akreditasi WHO untuk program kota sehat ini. Termasuk kemitraan strategis dengan Universitas Taibah untuk mencatat persyaratan pemerintah pada platform elektronik untuk tinjauan organisasi.

WHO juga merekomendasikan agar universitas memberikan pelatihan kepada instansi kota-kota di Arab Saudi lainnya, yang berminat mengikuti program kota sehat.

Sebuah komite yang diketuai oleh presiden universitas, Dr. Abdul Aziz Assa’rani, mengawasi 100 anggota yang mewakili 22 badan pemerintah, sipil, amal dan sukarelawan.

Mereka bertugas membentuk kriteria termasuk memenuhi tujuan yang ditetapkan oleh Proyek Strategi Wilayah Madinah dan peluncuran program ‘Kota Manusiawi’.

Menurut WHO, kota yang sehat adalah kota yang terus-menerus menciptakan dan meningkatkan lingkungan fisik dan sosial, serta memperluas sumber daya komunitas yang memungkinkan orang untuk saling mendukung satu sama lain dalam menjalankan semua fungsi kehidupan dan berkembang secara maksimal.

Sumber : Viva.co.id

 

SBN

Tentang Penulis /

Asisten Editor di Meja Editorial Jurnalhitz. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI

Ketik dan tekan enter untuk mencari

Klik izinkan notifikasi untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Abaikan
Izinkan Notifikasi