Kota Wuhan Dulu Terisolasi Akibat Covid-19, Begini Kondisinya Sekarang

JURNALHITZ – Pandemi Covid-19 yang melanda kota Wuhan Setahun lalu saat itu pemerintah China mengambil tindakan kebijakan lockdown pertama kali di dunia guna mencegah penyebaran Covid-19, kondisi kota Wuhan saat itu seperti kota mati yang tak berpenduduk.

Namun, kota tempat virus Corona pertama kali terdeteksi ini terlihat kembali normal. Banyak orang tengah melakukan olahraga pagi, seperti jogging dan berlatih tai chi di taman yang terletak di samping Sungai Yangtze tanpa menggunakan masker.

Tak hanya itu, meski lalu lintas di Kota Wuhan masih sepi, sudah tidak ada lagi tanda-tanda penghalang yang digunakan untuk mengisolasi baik di kompleks perumahan maupun apartemen.

Dikutip dari AP News, sebagian besar di kota ini sudah bebas dari COVID-19 dan mulai sadar akan tindakan pencegahan virus Corona sejak pencabutan lockdown pada 8 April 2020. Wuhan juga banyak dipuji karena telah berkorban untuk melayani masyarakat yang ada di sana.

“Sejak orang Wuhan mengalami pandemi, mereka melakukan tindakan pencegahan pribadi lebih baik daripada orang di daerah lain,” kata salah satu masyarakat, Yao Dongyu (24) yang berprofesi sebagai guru kimia.

Sebelumnya, China mengumumkan 107 kasus COVID-19 baru yang berasal dari Provinsi Heilongjiang sebagai penyumbang terbesarnya. Selain itu, Beijing dan Shanghai juga melaporkan adanya kasus baru di tengah pemberlakukan lockdown.

Terkait asal-usul virus Corona ini, akhirnya pihak China memberikan izin pada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pekan lalu untuk mengirim tim ahli internasional melakukan penyelidikan. Namun, sekelompok ahli yang berkaitan dengan WHO mengkritik bahwa China tidak bergerak cukup cepat dalam mengendalikan pandemi ini.

Sumber : Detikcom

SBN

Tentang Penulis /

Asisten Editor di Meja Editorial Jurnalhitz. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI

Ketik dan tekan enter untuk mencari

Klik izinkan notifikasi untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Abaikan
Izinkan Notifikasi